Selasa, 29 September 2020

Materi dan Tugas Kelas 4 IPS Sumber Daya Alam [ Senin 5 Oktober 2020 ]

 
 KELAS 4
TEMA 3
SUBTEMA 2
IPS

Pembelajaran 1
Senin, 05 Oktober  2020
Kompetensi Dasar
KD 3.1

Ringkasan Materi

Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah


1. Hasil Pertanian

Indonesia dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduk Indonesia mempunyai pencaharian di bidang pertanian atau bercocok tanam. 

Pertanian di Indonesia menghasilkan berbagai macam tumbuhan komoditas ekspor, antara lain padi, jagung, kedelai, sayur-sayuran, cabai, ubi, dan singkong


2. Hasil perkebunan

Indonesia juga dikenal dengan hasil perkebunannya, antara lain karet (bahan baku ban), kelapa sawit (bahan baku minyak goreng), tembakau (bahan baku obat dan rokok), kapas (bahan baku tekstil), kopi (bahan minuman), dan tebu (bahan baku gula pasir).


3. Hasil Hutan

Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. 

Manfaat hasil hutan

a. Kayu sebagai bagahn baku rumah, mebel dll
b. Rotan untuk mebel
c. Madu sebagai obat pemanis makanan. 

Panen Rotan
📷 : Twitter
    

4. Hasil perternakan 
Sumber daya alam hewan dapat berupa hewan liar maupun hewan yang sudah dibudidayakan.Pemanfaatannya dapat sebagai pembantu pekerjaan berat manusia, seperti kerbau dan kuda atau sebagai sumber bahan pangan, seperti unggas dan sapi

5. Hasil Laut dan perikanan
Wilayah indonesia sebagian besar adalah perairan atau lautan. Di dalam menyimpan kekayaan alam yang beraneka ragam sumber daya alam seperti ikan, rumput laut, kerang , mutiara dan lain sebagainya. 


6. Hasil Tambang 
Sumber daya alam hasil penambangan memiliki beragam fungsi bagi kehidupan manusia, seperti bahan dasar infrastruktur, kendaraan bermotor, sumber energi, maupun sebagai perhiasan. Berbagai jenis bahan hasil galian memiliki nilai ekonomi yang besar dan hal ini memicu eksploitasi sumber daya alam tersebut.Beberapa negara, seperti Indonesia dan Arab, memiliki pendapatan yang sangat besar dari sektor ini. Jumlahnya sangat terbatas, oleh karena itu penggunaannya harus dilakukan secara efisein.[1] Beberapa contoh bahan tambang dan pemanfaatannya:

Minyak bumi

Avtur untuk bahan bakar pesawat terbang;
Bensin untuk bahan bakar kendaraan bermotor;
Minyak tanah untuk bahan baku lampu minyak;
Solar untuk bahan bakar kendaraan diesel;
LNG (Liquid Natural Gas) untuk bahan bakar kompor gas;
Oli ialah bahan untuk pelumas mesin;
Vaselin ialah salep untuk bahan obat;
Parafin untuk bahan pembuat lilin; dan
Aspal untuk bahan pembuat jalan (dihasilkan di Pulau Buton Provinsi Sulawesi Tenggara )

Penambangan Aspal di Buton 
📷 : https://www.tambang.co.id/


7. Pemanfaatan Sumber Daya Alam Abiotik ( Benda Mati )

a. Tanah
merupakan salah satu unsur utama dalam ekosistem.Tanah merupakan tempat berpijak dari makhluk hidup yang ada di daratan, termasuk manusia di dalamnya. Banyak potensi terkandung di dalam tanah, misalnya berbagai bahan tambang dan sumber air.

b. Air
 Air sangat di btuhkan oleh manusia. Manusia tidak tanpa hidup tanpa air. Maka pengggunaan air harus hemat dan efiseien

c. Udara

Angin merupakan udara yang bergerak. Energi yang memanfaatkan angin lebih bersih dan dapat mengurangi produksi gas karbon dioksida sehingga lebih ramah lingkungan. Energi yang dihasilkan oleh angin juga jauh lebih banyak, yakni sekitar 50 sampai 100 kali lebih banyak dari energi yang dihasilkan oleh bahan bakar fosil.

d. Sinar Matahari

Sinar matahari berfungsi sebagai sumber tenaga dan berfungsi dalam proses fotosintesis dari tumbuh-tumbuhan. Sinar matahari merupakan sumber daya yang jumlahnya tak terbatas. Sinar matahari sangat berperan bagi makhluk hidup di bumi, misalnya untuk proses fotosintesis bagi tumbuhan, sumber energi bagi teknologi dan mendukung aktivitas manusia di siang hari seperti untuk proses pengeringan. Dengan kemajuan teknologi, pemanfaatan sinar matahari sangat penting dilakukan karena dapat mengurangi pencemaran udara sehingga peristiwa lubang ozon dapat dikurangi.

Tugas Belajar di Rumah
Kerjakan di buku tugas A

1. Buatlah kelompok minimal 2 maksimal 4 siswa yang dekat dengan tempat tinggalmu.
2. Carilah sumber daya alam di sekitar tempat tinggalmu
3. Hasilnya di tulis format di bawah ini

Nama Kelompok
Nama :_____________No : _____________
Nama : _____________No : _____________


Sumber Daya Alam di sekitar tempat tinggalkau


No Sumber Daya Alam Tempat
1 Batu Tambang Batu di Lemahbang
2
3
4
5
6
7

----.

Comments


EmoticonEmoticon