Sabtu, 26 September 2020

Materi dan Tugas Kelas 4 IPS Burung Cendrawasih [ Senin 27 September 2020 ]


 KELAS 4

TEMA 3

SUBTEMA 2

IPS

Pembelajaran 1

Senin, 27 September 2020

Kompetensi Dasar

KD 3.1



Ringkasan Materi


Burung Cenderawasih


Burung cendrawasih yang berbulu indah ini biasanya adalah pejantan. Bulu indah tersebut menjadi modal cenderawasih jantan untuk menarik perhatian betina pada musim kawin. Selain memamerkan keindahan bulu mereka, cenderawasih jantan bahkan melakukan gerakan-gerakan atraktif serupa tarian yang dinamis dan indah untuk merebut perhatian betina. Tiap jenis cenderawasih memiliki jenis tarian dan atraksi yang berbeda satu dengan yang lainnya.


1. Cendrawasih Kuning

Burung asli Pulau Irian Tenggara ini memiliki ukuran sedikit lebih panjang dari Si Kuning Kecil, yakni 34 cm. Mereka berbulu merah-cokelat keabu-abuan, kakinya cokelat keabuan, dan matanya kuning. Postur tubuh betina lebih kecil dan warnanya cokelat. Sementara burung jantan memiliki mahkota kuning dan bulu hijau di area tenggorokannya.

Sumber Foto : news.detik.com

2. Cendrawasih Biru

Kalau sudah dewasa, burung asli Papua New Guinea ini bisa tumbuh sampai 31 cm. Umumnya mereka memiliki tubuh berwarna hitam, kaki cokelat, dan mata cokelat gelap. Burung jantannya memiliki sayap biru, sehingga mereka sering dijuluki sebagai Blue Bird

Sumber foto https://blogs.uajy.ac.id/


3. Cendrawasih Panji

Sejenis burung Cenderawasih berukuran kecil, dengan panjang sekitar 22cm, dari genus tunggal Pteridophora. Burung jantan dewasa mempunyai bulu berwarna hitam dan kuning tua, dikepalanya terdapat dua helai bulu kawat bersisik biru-langit mengilap, yang panjangnya mencapai 40cm dan dapat ditegakkan pada waktu memikat betina. Bulu mantel dan punggung tumbuh memanjang berbentuk tudung berwarna hitam. Iris mata berwarna coklat tua, kaki berwarna abu-abu kecoklatan dan paruh berwarna hitam dengan bagian dalam mulut berwarna hijau laut. Burung betina berwarna abu-abu kecoklatan dengan garis-garis dan bintik gelap. Betina berukuran lebih kecil dari burung jantan dan tanpa dihiasi mantel atau bulu kawat hiasan.

                                                                   Sumber foto


4.Cendrawasih Gagak

 burung Cenderawasih yang mirip gagak berukuran sedang dengan panjang sekitar 34 cm. Bulunya gelap, lembut dan seperti sutera. Paruhnya hitam, warna mata merah karmin, dan memiliki suara panggilan yang mengingatkan pada gonggongan anjing. Burung jantan dan betinanya mirip. Burung betina sedikit lebih besar daripada burung jantan.

                         

Cara melestarika burung Cendrawasih

1. Penangkaran lokasi perlindungan

2. Tida Memburu

3. Tidak Merusak Populasi


Tugas Belajar Di rumah

Kerjakan di buku A


Jawablah pertanyaan di bawah ini. 

1. Dimana habitat asli burung cendrawasih ? 

Jawab .......................................................

2. Jelaskan ciri-ciri burung cendrawasih !

Jawab .......................................................

3. Mengapa burung cendrawasih jantan mempunyai warna yang indah ?

Jawab .......................................................

4. Sebutkan beberapa warna bulu yang dimiliki burung cendrawasih !

Jawab .......................................................

5. Apa nama burung yang menjadi icon Papua ?

Jawab .......................................................

----.

Comments


EmoticonEmoticon